Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Minggu, 27 Januari 2013

MMC (Mini Multi Commander), Pesan Elektrik Pengganti Kertas

 
Berawal dari keinginan untuk mengurangi penggunaan kertas dan produksi sampah kertas, Dini Esfandiari dan Shofi Delaila Herdi, dari SMA Semesta Semarang berhasil membuat sebuah alat pesan elektrik sebagai pengganti kertas yang diberi nama MMC (Mini Multi Commander). Alat ini merupakan sebuah alat pengganti kertas pesanan di restoran dengan sistem perekam suara.
Awal mula muncul ide untuk menciptakan alat ini ketika mereka mendapat tugas sekolah untuk survei tentang penggunaan kertas dan dampaknya terhadap lingkungan. Setelah melakukan survei di beberapa restoran, hasilnya ternyata penggunaan kertas terbanyak di  Semarang ada di restoran restoran besar. Terdorong untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitarnya, maka mereka pun melakukan penelitian berdasarkan hasil survey yang di dapat.
Setelah melakukan penelitian kurang lebih selama 4 sampai 5 bulan dengan melibatkan Universitas Diponegoro sebagai pendukung penelitian, mereka pun akhirnya berhasil membuat MMC (Mini Multi Commander). Keberhasilan ini juga tak lepas dari dukungan Universitas Diponegoro dalam membantu memberikan teori-teori di bidang elektronika dan penyediaan Laboratorium Elektronika Unversitas Diponegoro selama melakukan uji coba. Penelitian mereka ini diturut sertakan dalam National Young Inventor Awards (NYIA) ke-4 pada 4 Oktober 2011 yang diselenggarakan oleh LIPI.
Dini Esfandiari dan Shofi Delaila Herdi
Alat yang ramah lingkungan ini berbentuk tabung dengan dua sisi. Sisi atas digunakan untuk merekam suara, dan sisi bawah untuk memutar rekaman. Mereka menggunakan sirkuit IC ISD 2560/120, yang berarti kapasitas rekaman bisa untuk durasi 120 detik. Dalam pengunaannya, alat ini diletakkan di meja pelanggan dan untuk memesan menu, pelanggan tinggal menekan tombol power dan membuka tutup tabung bagian atas. Lalu pelanggan dapat menyebutkan pesanan mereka, setelah itu tutup kembali tabung bagian atas maka lampu indikator akan menyala sebagai tanda bahwa ada pesanan.
Ketika pelayan melihat lampu indikator yang menyala, maka otomatis pelayan akan mengetahui jika ada pesanan, dan untuk mendengarkan pesanan pelanggan, pelayan tinggal membuka tutup tabung bagian bawah. Alat ini bersifat multifungsi, tidak hanya digunakan di restoran tetapi juga dapat digunakan di rumah sebagai pengganti memo. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai jam alarm dengan suara alarm yang dapat diatur sendiri dengan merekam suara kita.
MMC bisa bertahan selama bertahun-tahun. Apabila terjadi kerusakan, komponen yang mengalami kerusakan pun dapat diganti. Komponen lain yang digunakan, selain sirkuit IC dan layar monitor LCD, adalah mikrokontroler ATmega32 (sebagai otak MMC secara keseluruhan), mikrofon dan tabung suara beserta lampu-lampu LED sebagai indikator proses yang sedang berlangsung. Sumber energi listrik yang digunakan berupa baterai berkapasitas 9 volt.
Jerih payah mereka dalam membuat alat ini pun terbayar dengan berhasilnya mereka menjadi juara dalam kompetisi yang diselenggarakan LIPI tersebut. Berikutnya, karya ilmiah mereka ini akan disertakan dalam kompetisi internasional di Bangkok, Thailand, Januari 2012.
Foto: Dini Esfandiari/Shofi Delaila Herdi/SMA Semesta Semarang
sumber : engineeringtown

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi