Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Minggu, 27 Januari 2013

Kiat Belajar yang Efektif part 2

6.  Buat Kesimpulan
Baca ulang catatan pelajaran atau pun catatan kecil yang telah kamu susun, kemudian buatlah kesimpulan dengan kata – katamu sendiri. Dengan demikian kamu akan mendapakan inti dari keseluruhan apa yang telah dipelajari.

7.  Pelajari Materi yang Masih Belum Dipahami
Pelajari materi yang paling sulit atau yang membosankan terlebih dahulu. Biasanya orang akan cenderung untuk mengesampingkan sesuatu yang tidak disukainya. Padahal, sering kali penyelesaian masalah tersebut membutuhkan energi intelektual yang lebih banyak. Sebaiknya simpan pelajaran yang kamu sukai untuk dipelajari belakangan sebagai hadiah setelah mempelajari bagian yang sulit. Jika sudah merasa mantap dengan pelajaran tersebut maka ujilah diri sendiri dengan soal – soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Kemudian pelajari kembali soal – soal yang salah dijawab.

8.  Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)
Biasanya hal yang sering dilakukan oleh pelajar jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat adalah dengan belajar hingga larut malam/begadang. Sebaiknya hindari belajar dengan cara seperti itu karena akan membuat badan kamu menjadi meriang dan sakit. Otak manusia itu punya batas karena otak dirancang untuk bekerja efisien. Apabila ada pemahaman baru, maka pemahaman yang lama akan dihapus dan diganti dengan pemahaman baru tersebut. Pemahaman yang kita peroleh sifatnya bertahap yang semakin lama akan semakin bagus. Nah, ini yang disebut dengan kemampuan belajar.

9.  Belajar Kelompok           
Cara termudah untuk belajar sesuangguhnya adalah bila dilakukan secara bersama – sama. Prinsip belajar ini hamper selalu efektif bagi setiap orang, apa pun karakter belajar yang dimilikinya. Selain itu belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan dan ringan bila dilakukan secara bersama – sam. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang lebih pandai ini bisa membantu menjelaskan materi pelajaran kepada teman – temannya yang lain. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu kan menjadi lebih paham akan materi tersebut.

10.  Jangan Lupa Istirahat
Kalau sudah jenuh istirahatlah beberapa saat untuk mengendurkan otot termasuk mata. Kamu dapat berdiri, berjalan keliling ruangan atau ngemil. Setelah itu mulailah lagi focus pada pelajaran. Dengan begitu, tidak terasa otak akan bertahan cukup lama untuk belajar.

Nah, langkah di atas hanya merupakan masukan untuk membantu kamu dalam belajar. Karena terkadang setiap orang sudah memiliki gaya dan cara belajarnya masing – masing. Tidak kalah pentingnya adalah utamakan prioritasmu sendiri. Jadi, coba buat target yang kamu percaya kamu mampu meraihnya, dan bukan apa yang dipikirkan orang lain. Oleh sebab itu, pilih cara terbaik mana yang paling pas dengan kondisimu.

 Selamat Mencoba !             
Dari berbagai sumber 

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi