Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Minggu, 27 Januari 2013

Kiat Belajar yang Efektif part 1

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Namun, sudah efektifkah cara belajarmu selama ini ? Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat menjadi masukan agar cara belajarmu menjadi lebih efektif.

1.  Buat Rencana Belajar
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kamu lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan lagi. Buatlah daftar target lengkap, mulai belajar sesuai urutan dafatr. Hanya berpindah ke target nomor dua apabila target nomor satu telah tercapai. Bisakah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah kamu tetapkan ?

2.  Pilih Waktu Belajar yang Tepat
Buat tubuhmu se-segar mungkin, dengan begitu pikiranmu juga akan menjadi segar untuk belajar. Setiap orang berbeda – beda dalam mengkondisikan waktu belajarnya. Ada yang menyukai belajar di siang hari, ada juga yang malam hari. Namun, sesungguhnya waktu yang paling efektif untuk belajar adalah sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya. Pada waktu-waktu ini proses belajar akan lebih cepat sehingga kita tidak perlu belajar sampai larut malam.

3.  Cari Suasana yang Paling Nyaman
Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Bisa dengan memutar music, menghiasi kamarmu dengan kata – kata yang bisa memberi motivasi atau dengan menggantungkan piagam penghargaan yang kamu dapat sehingga kamu menjadi lebih termotivasi untuk kembali berprestasi. Selain di kamar, kamu juga bisa mencari tempat lain yang menurutmu nyaman dan dapat membantumu untuk lebih berkonsentrasi. Bisa di taman, di tempat sunyi, perpustakaan, atau tempat lainnya. Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu, tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.

4.  Kenalilah Kepribadian Diri Sendiri
Setiap orang mempunya cara belajar yang berbeda – beda. Beberapa orang bisa belajar hanya dengan membaca, sebagian lain dengan mendengar, sedangkan yang lainnya lagi dengan menulis. Nah, kamu harus bisa menentukan sendiri gaya belajar seperti apa yang tepat untuk kamu terapkan. Jika kamu sudah tahu betul gaya belajar yang paling sesuai, maka saat mempelajari sesuatu akan menjadi lebih mudah dilakukan. Setelah itu lakukan secara konsisten.

5.  Buat Catatan – Catatan Kecil
Bagian – bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana – mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Ini akan membantumu mengingat dan sekaligus memudahkan bila mengulang kembali. Tulis catatan – satatan kecil itu dengan kalimatmu sendiri. Kalian dapat menuliskannya kembali dalam bentuk apa saja. Gambar, coretan, dan yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tanganmu sendiri. Setelah itu gunakan warna yang menarik pada gambar atau tulisan tangamu tersebut. Warna dapat berefek otomatis dan kata – kata tersebut akan selalu menempel di mata. Hal ini dapat mengefektifkan belajar dan membuat kamu terus mengingat materi yang sedang dipelajari. Kemudian susunlah hubungan – hubungan yang terjadi dari catatan – catatan kecil tersebut. Buatlah semacam kerangka yang menjelaskan dari awal sampai akhir. Ini akan membantumu untuk memahami pelajaran yang dipelajari, dengan demikian otak akan terlatih untuk menganalisis sebuah permasalahan.

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi