Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Minggu, 27 Januari 2013

David Attenborough Sebut Manusia Sebagai Sumber Bencana

Oleh Staf LiveScience | LiveScience.com

Sir David Attenborough, naturalis dan presenter televisi asal Inggris yang terkenal, mengkritik ulah manusia.

"Kita adalah sumber bencana di Bumi," tutur Attenborough kepada Times Radio, seperti dilansir Telegraph. "Ini akan terus mengakar selama 50 tahun ke depan bahkan lebih."

Attenborough menambahkan, manusia terus dibayang-bayangi masalah perubahan iklim dan terbatasnya tempat. "Kita harus membatasi pertumbuhan penduduk atau alam yang akan melakukannya untuk kita, ini sedang berlangsung sekarang," katanya.

Sir David bukan satu-satunya naturalis yang memperingatkan bahwa pertumbuhan penduduk sudah terlalu tinggi. Paul Ehrlich, presiden  Center for Conservation Biology at Stanford University dan penulis "The Population Bomb" (Sierra Club-Ballantine, 1968), telah lama menggunakan bahasa yang mirip dengan kata-kata Attenborough.

Dan pada 2011, analisis terhadap spesies yang punah menunjukkan bahwa manusia mulai menyebabkan kepunahan massal, salah satunya adalah kepunahan dinosaurus.

Ketika ditanya tentang komentar Attenborough tentang manusia sebagai momok spesies mereka sendiri, Ehrlich mengatakan kepada LiveScience "sepenuhnya setuju, seperti halnya setiap ilmuwan lain yang memahami situasinya."

Meski begitu, bukan berarti harus ada upaya paksa. "Propaganda pemerintah, pajak, memberikan akses kontrasepsi modern kepada manusia yang aktif secara seksual dan dukungan aborsi, serta, khususnya, memberikan perempuan hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki mungkin langkah tepat untuk mengurangi  populasi global yang diperlukan jika ingin menghindari kehancuran," tutur Ehrlich.

Sebagai fakta, pemberian kontrasepsi gratis dan dapat diandalkan untuk wanita mampu mencegah sekitar 41 hingga 71 persen aborsi di Amerika Serikat, menurut sebuah penelitian yang dirinci dalam  jurnal “Obstetrics and Gynecology” edisi 4 Oktober 2012.

Ilmuwan lain juga setuju dengan pesan Attenborough tersebut.

"Sudah jelas bahwa pertumbuhan penduduk yang meningkat membuat beberapa tantangan terbesar lingkungan semakin sulit untuk dipecahkan," ujar Jerry Karnas, direktur kampanye populasi untuk Center for Biological Diversity di Tucson, Arizona.

Attenborough terkenal dengan serial dokumenter margasatwa "Life on Earth", selain program alam lainnya. Pada 2009, dia menjadi pelindung organisasi Optimum Population Trust, sebuah kelompok yang menganjurkan pembatasan populasi secara sukarela. Pada saat itu, dia merilis sebuah pernyataan yang mengatakan, "Saya telah melihat margasatwa di bawah tekanan manusia di seluruh dunia, dan itu bukan hanya dari ekonomi atau teknologi manusia. Di balik setiap ancaman itu adalah ledakan jumlah populasi manusia yang menakutkan."

Penduduk bumi mencapai sekitar 7 miliar orang pada 31 Oktober 2011, menurut perkiraan PBB.
sumber : http://id.berita.yahoo.com/david-attenborough-sebut-manusia-sebagai-sumber-bencana-094853909.html

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi