Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Senin, 21 Mei 2012

Menu Interaktif Macromedia Flash Part I

Flash adalah suatu sotware yang digunakan untuk membuat sebuah animasi. Dengan flash kita dapat membuat tampilan website atau komputer kita menjadi hidup. Tidak mudah untuk mempelajari flash, selain diperlukan imajinasi juga diperlukan pemahaman mengenai SCRIPT. Bisa saja kita membuat sebuah animasi tanpa menggunakan script tapi file yang dihasilkan menjadi besar, hal itu mempengaruhi loading atau pemuatan data di workstation atau client. Seperti janji penulis pada postingan sebelumnya bahwa penulis akan membahas tentang membuat animasi dengan menggunakan action script. Berikut adalah contoh yang paling sederhana dan mudah.
Menu
Buatlah rancangan struktur menu sebagai berikut. Kita akan membuat struktur menu di mana pada saat mouse berada di area menu 1 maka akan pop up sebuah menu di bawahnya..
Untuk isi content dari menu 1 kita gunakan movie clip. Buatlah sebuah move clip pada layer baru dan letakkan pada bagian bawah menu 1.
Kemudian klik pada objek movie clip tersebut dan berilah nama instancenya, misalkan menu1_content.
Di dalam movie clip tersebut kita dapat membuat beberapa frame animasi. Kliklah dua kali untuk masuk ke dalam movie clip tersebut.
Pada bagian dalam movie clip buat frame dengan animasi di mana kotak akan secara bertahap muncul, settinglah nilai alphanya. Beri dua buah nama frame, yang pertama hide di mana tidak terdapat objek apapun dan show yang menjalankan animasi munculnya kotak secara perlahan-lahan.
Kemudian untuk masing menu, dari 1-3 konversikanlah ke bentuk movie clip sehingga kita bisa memberikan actionscript. Tambahkan actionscript berikut pada instancemenu1.
Maka Maka pada saat mouse berada pada area menu1, maka akan memanggil objek menu1_content untuk menjalankan timelinenya pada frame show, demikian pula pada saat mouse tidak berada pada area menu1, maka akan menjalankan timeline pada objek menu1_content ke hide, sehingga kotak tidak ditampilkan.
Selanjutnya kita tinggal memasukkan button-button di dalam movie clip tersebut, dimana akan melakukan suatu action pada saat button tersebut diklik. Untuk masing-masing menu kita buat satu per satu objek contentnya. Pada saat mouse menunjuk pada menu 1,maka kotak akan perlahan-lahan muncul.Ini dikarenakan actionscript yang kita tambahkan pada event rollOver dan rollOut. Efek seperti ini yang disebut dengan popup menu.
Kita juga dapat menggunakan efek scrolling menu. Di mana kita dapat membuat menu yang bergerak. Menu-menu dapat dibuat dengan menggunakan Button kemudian dimasukkan ke dalam movie clip dan  kemudian dianimasikan.

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi