Pyzam Blogger Templates , Twitter Backgrounds And Vish Cyber Blog

Senin, 21 Mei 2012

Membuat File Bantuan Part III

Bekerja Dengan HelpMaker
1. Ketika memulai HelpMaker, secara normal Anda akan dikenalkan dengan arsip HelpMaker baru. Untuk membuat arsip baru kapanpun, pilih menu File > New. Jika telah terbuka arsip yang belum tersimpan, maka Anda akan dapat perintah untuk menyimpan sebelum Anda membuat arsip baru. Ikuti perintah pada layar untuk membuat arsip baru.
2. Untuk membuka arsip bantuan yang ada, klik menu File > Open. Temukan arsip bantuan yang Anda kehendaki. Klik Ok untuk menjalankan arsip ke dalam HelpMaker.
3. Anda boleh menyimpan perubahan arsip ke dalam piringan (disk) kapanpun dengan klik menu File > Save atau dengan menekan tombol Save. Walaupun HelpMaker pada waktu tertentu akan menyimpan arsip HelpMaker (*.sh5) secara otomatis Anda dapat melakukan penyimpanan sesuka hati. Arsip ini juga akan tersimpan secara otomatis sebelum Anda meng-compile arsip bantuan ini.
4. Jika Anda menghendaki untuk mengimpor arsip Word, RTF atau arsip HTML, maka klik menu File > Import. Anda akan melihat tampilan seperti ini pada layar. Pilih format arsip dan nama arsip. Klik Import untuk mengisi arsip ke dalam HelpMaker.
5. Anda juga dapat memenfaatkan fasilitas ekpor arsip menjadi Word, RTF, HTML, PDF, dan Arsip teks. Pilih menu File > Export. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pilih format arsip dan nama arsip. Klik Export untuk memindah dari HelpMaker.
6. Sumber arsip HelpMaker dapat Anda bagikan kepada pengguna lain dengan mengirim arsip proyek HelpMaker (*.sh5) bahkan dengan berbagai gambar yang ada di dalamnya.
7. Untuk membuat topik baru adalah dengan memilih menu HelpMaker > Add Child. Anda akan meilhat tampilan seperti di bawah ini. Buat pengaturan yang tepat dengan memilih; Topic, Chapter, atau Chapter text dari jenis masukkan; Add Before atau Add After dari jenis tambahan; Treeview Text, Topic ID dan pilihan lainnya. Kemudian klik OK.
8. Untuk mengganti nama sebuah topik, Anda harus membuka arsip yang dibutuhkan yang terdapat Topic atau Chapter Text di dalamnya. Dobel klik Topic atau Chapter Text yang akan diganti nama atau pilih Topic dengan Mouse kemudian tekan F2 atau pilih Topic kemudian Anda pilih menu Edit > Rename. Masukkan nama yang diinginkan. Tekan tombol Enter, jika tidak maka akan kembali semula sebelum diedit.
9. Untuk menghapus sebuah topik, Anda harus terlebih dahulu pilih topik yang akan dihapus. Kemudian pilih menu HelpMaker > Delete atau tekan tombol Delete pada Document Map Toolbar. Sebagai alternatif, Anda dapat klik kanan pada topik kemudian pilih pilihan Move to Trash.
10. Untuk memindah Chapter, Topic, dan Chapter Text ke sekitarnya, Anda gunakan Document Map Toolbar. Pilih topik yang akan dipindah. Kemudian pilih menu HelpMaker > Mover. Anda dapat memilih perpindahan kanan-kiri dan atas-bawah.
11. Untuk meng-copy teks atau gambar dari Clipboard. Pilih teks atau gambar yang akan di-copy. Kemudian pilih menu Edit > Copy.
12. Untuk membuat tabel. Pilih menu Table > Create Table. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Masukkan angka yang dikehendaki pada baris dan kolom kemudian klik OK. Maka tabel yang diinginkan akan jadi.13. Untuk memasukkan tanggal dan waktu. Sangat mudah hanya pilih menu Insert > Date and Time. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Anda dapat memilih format yang dikehendaki dan klik OK.
14. Untuk memasukkan Page Break. Pilih menu Insert > Page Break. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih Page Break dan klik OK.
15. Untuk memasukkan HyperLink. Pilih menu Insert > Hyperlink. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Buat pengaturan yang tepat kemudian klik OK.16. Untuk menyimpan RTF menjadi arsip. Pilih menu File > Export. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pilih RTF Document dari pilihan yang ada kemudian klik Export.
17. Untuk mengatur teks. Pilih menu Format > Font. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Atur jenis huruf, ukuran huruf, gaya huruf, warna huruf, dan efek sesuai yang diinginkan kemudian klik OK.
Komunitas eLearning18. Untuk menemukan dan meletakkan kembali teks. Pilih menu Edit > Find. Kemudian Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Masukkan kata yang akan dicari pada kolom Find What. Masukkan kata yang akan diletakkan pada kolom Replace With. Pastikan pengaturan yang dikendaki. Kemudian klik Replace atau Replace All untuk mengubah secara keseluruhan.
19. Untuk memasukkan gambar. Pilih menu Insert > Picture. Kemudian Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pilih arsip gambar yang diperlukan kemudian klik Open. Gambar yang dipilih akan masuk.
Penutup

0 komentar:

Matrix Penutup

Terima Kasih Atas Kunjungannya..!!

Pesan Animasi